Senin, 15 Oktober 2012

E-BUSINESS dan E-COMMERCE

Pengertian

     Saya akan membahas mengenai e-commerce dan e-business. Saya akan memulai dengan pengertian e-commerce. E-commerce terdiri dari dua kata yaitu e dan commerce, huruf e yang mempunyai arti elektronik dan commerce yang berarti perdagangan. jika berbicara mengenai elektronik, maka pengertian dari elektronik itu sendiri adalah ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat seperti komputer, peralatan elektronik, termokopel, semikonduktor, dan lain sebagainya. Sehingga dapat disimpulkan e-commerce adalah perdagangan elektronik yang mencakup proses pembelian, penjualan, transfer, pertukaran produk, layanan, atau informasi melalui jaringan komputer, termasuk internet.
     E-commerce juga dapat diartikan sebagai suatu proses berbisnis dengan memakai teknologi elektronik yang menghubungkan antara perusahaan, konsumen dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik dan pertukaran/penjualan barang, servis, dan informasi secara elektronik.
       
       E-business adalah istilah yang lebih umum dari e-commerce karena tidak hanya mengarah pada aktivitas membeli dan menjual melainkan melayani konsumen dan bekerja sama dengan rekan-rekan bisnis lainnya atau dengan kata lain e-business merupakan interaksi dengan rekan-rekan bisnis. Fungsi dari e-business yaitu untuk mensupport bagian dari marketing, produksi, accounting, finance, dan human resource managemen. Proses transaksi online memegang peranan yang sangat penting pada e-business. Secara keseluruhan, e-commerce dapat digambarkan sebagai penggunaan internet dan Web untuk transaksi bisnis. Lebih formalnya, secara digital memungkinkan terjadinya transaksi komersial antara organisasi dan individu.
    Di sisi lain, e-bisnis dapat digambarkan sebagai proses digital yang memungkinkan proses transaksi dalam perusahaan, melibatkan sistem informasi di bawah kontrol yang kuat. Selain itu, aplikasi e bisnis bisa turun menjadi e commerce ketika sebuah pertukaran nilai terjadi.

Tujuan dan Manfaat Implementasi E-Business & E-Commerce 
    Tujuan implementasi E-Business & E-Commerce adalah untuk mendukung efisiensi dan integritas pengelolaan data Sumber Daya Manusia, Keuangan, Supply Chain Management/Logistic Management. Selain itu berfungsi sebagai sarana komunikasi dan informasi bagi public. Dengan berbasiskan internet, sistem ini dapat diakses dimana saja sesuai dengan hak akses yang telah ditentukan.
Manfaat implementasi E-Business & E-Commerce adalah :
  1. Meningkatkan kinerja operasional perusahaan.
  2. Meningkatkan peluang akses ke pasar, pemasok dan pendanaan yang sangat luas.
  3. Meningkatkan efisiensi perusahaan.
  4. Mempermudah pengelolaan asset perusahaan.
  5. Meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan.
  6. Meningkatkan komunikasi seluruh stakeholders.
  7. Mengatasi kesenjangan digital.
  8. Media mempromosikan kompetensi perusahaan.
  9. Memperlancar transaksi bisnis.
  10. Sarana penyebaran informasi secara luas.
 
Karakteristik E-Commerce
    Berbeda dengan transaksi perdagangan biasa, transaksi ecommerce memiliki beberapa karakteristik yang sangat khusus. Pengertian-pengertian yang diberikan oleh beberapa ahli mengenai ecommerce dapat ditarik kesimpulan bahwa e-commerce mempunyai suatu karakteristik, yaitu:
 
1) Terjadinya transaksi antar dua belah pihak
2) Adanya pertukaran barang, jasa dan informasi
3) Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan tersebut.
    
Menurut Nurfansa Wira Sakti, karakteristik e-commerce diantaranya adalah:
1) Transaksi tanpa batas
2) Transaksi anonim
3) Produk digital dan non digital
4) Produk barang tak berwujud

Kategori E-Bisnis.
 
Jenis E-Bisnis Karakteristik
B2C (Bussiness to Consumers)
B2B (Bussiness to Bussiness)
B2G (Bussiness to Government)
B2E (Bussiness to Education)


Security Dalam E-Business
      Security Beberapa metode pengamanan data dalam transaksi E-Commerce dan E-Bussines yaitu Kriptografi Public Key yang merupakan sistem asimetris (tidak simetris) menggunakan beberapa key untuk pengenkripsian yaitu public key untuk enkripsi data dan private key untuk dekripsi data. Public key disebarkan ke seluruh dunia sementara private key tetap disimpan. Siapapun yang memiliki public key tersebut dapat mengenkripsi informasi yang hanya dapat dibaca oleh seseorang yang memiliki private key walaupun kita belum pernah mengenal bahkan tidak tahu sama sekali siapa yang memiliki public key tersebut.

CMS khusus e-commerce
 

    Untuk membuat sebuah website dengan CMS relatif cukup mudah dan cepat karena kalau kita analogikan CMS itu seperti sebuah Operating System Dalam sebuah komputer (windows,linux, Mac OS) yang dibuat untuk memudahkan penggunanya sehingga kita bisa mengelola komputer kita dengan relatif cukup mudah, begitupun dengan CMS dibuat sedemikian hingga agar penggunanya mudah untuk menambah dan mengelola isi yang ada dalam sebuah website. untuk menjalankan situs web yang berjualan secara online, atau biasa disebut dengan web eCommerce, kita bisa menggunakan osCommerce, prestashop, magento dan lain-lain. CMS tersebut umumnya digunakan oleh pengguna CMS open source. saya akan membahas mengenai magento, dengan magento kita dapat mengisi katalog produk, mengelompokkan produk dalam kategori, memajang gambar produk, mengatur inventory, melakukan promosi, melihat laporan penjualan, dan lain sebagainya. Pemilik toko online tidak perlu tahu detil teknis bagaimana toko online-nya dijalankan. Yang perlu dilakukan adalah mengunduh Magento, meng-instal-nya, dan mengkonfigurasinya di dalam sebuah situs web. Magento mudah di dapatkan dan tanpa biaya atau gratis dan bersifat fleksibel, sesuai dengan keinginan kita. berikut ini screenshot dari Magento Commerce.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r: :s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z:

Posting Komentar

OKe

no hal

Search