Selasa, 29 Maret 2011

Apa itu WEB SCIENCE ?

Pengertian

Web merupakan salah satu aplikasi yang menjadi kebutuhan penting dalam masa sekarang ini. Web membantu user untuk mengkespresikan diri, sebagai alat komunikasi, dan juga bisa sebagai alat untuk menuliskan seni karya tulis dari user. Web digunakan sebagai tempat menuliskan atau memberikan informasi kepada pembaca (khalayak umum) tentang segala bentuk perkembangan yang terjadi di di seluruh belahan dunia.
            Definisi web sendiri adalah sebuah sistem hypertext dokumen yang saling terkait yang diakses dengan menggunakan internet untuk memberikan informasi berbasiskan elektronik berupa: multimedia, teks, grafis serta segala data dan informasi yang dapat dimasukkan dalam format-format tersebut, umumnya berbasiskan HTML. Sedangkan, science adalah Ilmu pengetahuan tentang sesuatu hal yang dapat diinformasikan asal-usulnya untuk informasi khalayak umum. Jadi, define web science merupakan ilmu pengetahuan yang dapat dipakai dalam web yang dapat dijadikan tempat untuk mencari atau memberikan informasi tentang semua ilmu pengetahuan untuk kita dapat mempelajarinya lebih dalam lagi.
            Web science didirikan pada tahun 2006 dengan nama Web Science Research Initiative (WSRI). Web science ini awalnya adalah hasil dari nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) antara MIT CSAIL dan University of Southampton, ECS. Yang memiliki tujuan mengkoordinasi dan mendukung sentralisasi pembelajaran World Wide Web. Sejak peluncuran inisiatif ini, konsep Web Science telah banyak disebarluaskan dan menetapkan diri sebagai kawasan penting dari kegiatan.
Beberapa aktifitas Web Science Research Initiative (WSRI) focus pada:
1.      Mengartikulasikan sebuah agenda penelitian bagi komunitas ilmiah yang lebih luas.
2.      Mengoordinasi pengembangan materi pendidikan dan kurikulum Ilmu Web.
3.      Mengikat pemikiran tentang kepemimpinan pada sektor yang  berkembang dibidang ini.
Web Science Trust merupakan usaha bersama yang awalnya dimulai antara MIT dan University of Southampton untuk menjembatani dan merumuskan dan teknis aspek-aspek sosial dari World Wide Web. Hal ini pertama kali diumumkan di MIT pada tanggal 2 Novenber 2006 sebagai Web Science Research Initiative (WSRI), yang kemudian mengubah namanya pada tahun 2009 menjadi Web Science Trust. Tim Berners-Lee yang memimpin program ini yang bertujuan untuk menarik pemerintah dan dana swasta, dan sekarang terlibat dalam menciptakan sarjana yang baru lulus dan kurikulum. Ilmu web mirip dengan gerakan ISchool, tetapi lebih berfokus di web itu sendiri.

Bidang ini meliputi :
  1. Kepercayaan dan privasi
  2. Jaringan sosial
  3. Kolaborasi
The Trust dan The Foundation mempunyai kesamaan komitmen untuk melanjutkan disiplin dari Web Science dan akan bekerjasama pada beberapa proyek yang memperbaiki pengertian tentang Web Science dan mempromosikan dampak positif Web Science pada masyarakat.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r: :s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z:

Posting Komentar

OKe

no hal

Search